ARTIKEL – ARTIKEL

Sedikit informasi mengenai phising dan cara menghindarinya

from :Kiki Alhadiida

Kebanyakan orang mungkin pernah mendengar tentang pencurian identitas orang lain, secara illegal. Itulah yang disebut PHISING. Dalam kamus Wikipedia, phishing adalah :

Dalam computer, pengelabuhan(inggris : phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti ID kartu KTP atau SIM , id keuangan anda(rekening,kartu kredit,nomor PIN), user name, password, dan informasi personal lain yang bersifat rahasia.

Dalam komunikasi elektronik, yang umumnya digunakan untuk mengumpan korban phishing, antara lain social popular dari situs web (YouTube, Facebook, MySpace, Windows Live Messenger), situs lelang (eBay), online bank (Wells Fargo, Bank of America, Chase), pembayaran online (PayPal), atau Administrator IT (Yahoo, ISP, perusahaan), dll.

Teknik umum yang sering digunakan oleh pelaku phishing antara lain sebagai berikut :

• Melalui e-mail atau pesan instan, yang menggiring pengguna untuk meyakini ke-sah-an email atau web site tersebut. Agar tampak meyakinkan pelaku sering menggunakan logo perusahaan atau merek dagang milik lembaga resmi, seperti; bank atau penerbit kartu kredit. Pemalsuan ini dilakukan untuk memancing korban menyerahkan data pribadi, seperti; password, PIN atau nomor kartu kredit.

• Membuat situs palsu yang sama persis dengan situs resmi, atau pelaku phishing mengirimkan email yang berisikan link le situs palsu tersebut.

• Membuat hyperlink ke website palsu atau menyediakan form isian yang ditempelkan pada e-mail yang dikirim.

Bagaimana kita menghindarinya?

Ø Pada facebook atau YM , biasanya ada pesan dari kontak list yang berisi URL dengan kata-kata “Check this out”. Jangan pernah anda klik Url tersebut yang akan membawa anda menyerahkan identitas anda ke pelaku phishing tanpa anda sadari.

Ø Jangan mempercayai setiap peringatan yang Anda baca — khususnya peringatan pop-up yang muncul saat Anda sedang menjelajah internet. Perusahaan yang kurang baik menggunakan iklan pop-up untuk menampilkan peringatan palsu tentang komputer Anda. Abaikan saja mereka.

Ø JANGAN klik semua tombol yang ada di dalam pop-up ini, seperti tombol “Close (Tutup)” atau “No (Tidak)”, atau kotak “Close (Tutup)” yang mungkin muncul di sudut kanan atas pop-up tersebut. Jika Anda melakukan ini, virus atau software jahat lainnya mungkin akan terinstal pada komputer Anda. Untuk menutup iklan pop-up dengan aman, tekan Ctrl+W (jika Anda menggunakan komputer Windows) atau Command+W (pada komputer Mac). Anda mungkin menerima email yang mengaku berasal dari pakar komputer, yang memperingatkan Anda mengenai sebuah virus. Ini umumnya adalah tipuan belaka. Jangan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam email apapun kecuali Anda yakin bahwa ancaman tersebut benar-benar nyata.

Ø Yahoo! Lottery tidak ada. Jangan tertipu oleh orang-orang yang mengaku dari Yahoo! dan menawarkan hadiah tunai. Yahoo tidak akan pernah mengirim informasi kepada Anda mengenai kontes yang tidak pernah Anda ikuti. Jika Anda menerima pesan seperti “Final Notification: Yahoo! Mail Winner! (Pemberitahuan Terakhir: Pemenang Yahoo! Mail!)” atau “Your Email Address Has Won $XX million (Alamat Email Anda Telah Memenangkan $ XX juta),” itu merupakan penipuan. Jangan membalas email tersebut, jangan mengklik link apapun yang ada di dalamnya, dan jangan pernah mengungkapkan informasi pribadi apapun. Namun, kliklah tombol “Spam”.

Ø Pakailah browser yang memberikan layanan menyaring web /situs palsu atau memberi laporan web/situs forgery, misal mozila.

Ø Pastikan situs yang meminta data kita itu merupakan situs yang terpercaya dengan cara melihat addressbar tempat dimana kita biasa menuliskan alamat site yang ingin kita kunjungi. Jika yang tertera di sana adalah alamat situs yang benar maka barulah anda boleh memasukkan data diri anda.

Ø Amati perwajahan situs yang biasa kita kunjungi. Jika terdapat hal-hal yang berbeda dari biasanya lebih baik anda menulis kembali alamat situs yang dimaksud. Karena phishing sering memanfaatkan kelalaian pengguna internet.

Ø Hati hati dengan email phishing,

Yang paling umum adalah bentuk phishing email adalah pengesahan dari pengecer, bank, organisasi, atau instansi pemerintah. Pengirim untuk meminta “konfirmasi” informasi pribadi Anda untuk beberapa alasan yang dibuat-buat, misal: tentang account Anda yang akan ditutup, agar sesuatu yang telah ditempatkan dalam nama Anda, atau informasi Anda telah terputus karena adanya masalah komputer. Taktik lain yang digunakan , mereka mengatakan dari departemen yang perusahaan yang terkenal dan meminta Anda untuk memverifikasi informasi karena mereka menduga Anda mungkin seorang korban dari pencurian identitas! Dalam suatu kasus, pelaku phishing mengklaim dirinya dari lembaga komisi lotere i dan meminta informasi perbankan ANda untuk dimasukkan dalam account mereka.

Ø Jangan klik link dalam email yang meminta informasi pribadi Anda. Pelaku phishing menggunakan link ini untuk memikat orang langsung ke situs Web yang tampak seperti yang benar-benar dari situs perusahaan, organisasi, atau badan yang mereka tiru. Jika anda mengikuti petunjuk dan memasukkan informasi pribadi Anda di situs Web tersebut, Anda akan menyerahkan langsung ke tangan pencuri identitas. Untuk memastikan apakah benar-benar pesan dari perusahaan atau badan, panggilan langsung atau pergi ke situs Web-nya ASLi(menggunakan mesin pencari untuk menemukannya).

Ø HAti-hati dengan “pharming.”

Ini versi terbaru pencurian ID online , virus atau program merugikan yang ditanam secara diam-diam di komputer Anda dan menghijack web browser Anda. Bila Anda ketikkan alamat situs Web yang sah, Anda akan diarahkan ke salinan palsu dari situs tanpa menyadarinya. Segala informasi pribadi yang Anda berikan pada situs palsu, misalnya sandi atau nomor rekening, dapat dicuri dan digunakan.

Ø Jangan memasukkan informasi pribadi Anda dalam layar pop-up.

Kadang-kadang phisher akan mengarahkan Anda ke sebuah situs asli perusahaan, organisasi, atau bank, tetapi kemudian muncul pop-up screen dengan box blank yang meminta informasi pribadi anda. Jika Anda dalam mengisi, informasi Anda akan terkirim ke phisher. Perusahaan, badan-badan dan organisasi yang sah tidak meminta informasi pribadi melalui layar pop-up. Install pop-up software untuk membantu mencegah jenis serangan phishing.

Ø Lindungi komputer Anda dengan spam filter, anti virus dan anti-spyware software, dan firewall, dan yang up-to-date. Filter spam dapat membantu mengurangi jumlah phishing email Anda.Software Anti-virus, yang memindai pesan masuk untuk file , dan sotfware anti-spyware, yang mencari program-program yang telah terinstal di komputer Anda dan melacak aktivitas online tanpa sepengetahuan Anda, dapat melindungi Anda terhadap pharming dan teknik phishing lain . Firewalls mencegah hacker dan komunikasi tidak sah masuk ke komputer Anda – khususnya jika Anda memiliki koneksi broadband ke internet , karena komputer Anda terbuka ke Internet, setiap kali dihidupkan. Cari program yang update otomatis dan cari patch gratis dari produsen untuk memperbaiki masalah baru yang ditemukan.

Ø Bukalah attachment email yang memang anda harapkan dan anda tahu isinya. Meskipun pesan seperti mereka datang dari orang yang Anda kenal, mereka dapat dari scammers dan berisi program yang akan mencuri informasi pribadi Anda.

Ø phishing juga dapat terjadi melalui telepon. Anda bisa mendapatkan panggilan dari seseorang yang berasal dari perusahaan atau badan pemerintah, yang mengajukan klaim palsu dan meminta informasi pribadi Anda.

Ø Jika seseorang mengkontak Anda dan Anda dikatakan jadi korban dari penipuan, verifikasi identitas orang tersebut sebelum Anda memberikan informasi pribadi. Penerbit kartu kredit dan perusahaan yang sah , menghubungi Anda jika ada pola yang tak biasa yang menunjukkan bahwa orang lain mungkin menggunakan salah satu account Anda. Tapi biasanya mereka hanya meminta jika Anda membuat transaksi tertentu, mereka tidak meminta nomor account Anda atau informasi pribadi lainnya. Badan-badan penegak hukum mungkin juga menghubungi Anda jika Anda telah menjadi korban penipuan. Biar amannya, mintalah nama orang, nama badan atau perusahaan, nomor telepon, dan alamat orang tersebut. Dapatkan nomor utama dari buku telepon, Internet, atau infromasi lainnya, pastikan bahwa orang itu adalah dari lembaga/perusahaan yang sah/asli.

Ø Pencari kerja juga harus hati-hati. Beberapa orang target phishing terdaftar di situs pencarian. Mereka berpura-pura meminta nomor jaminan sosial Anda dan informasi pribadi lainnya. Ikuti saran di atas dan verifikasi identitas orang tersebut sebelum memberikan informasi pribadi apapun.

Ø Curigalah jika seseorang mendadak menjadi kontak list Anda dan meminta informasi pribadi Anda. Tetapi jika Anda dihubungi dan diminta informasi pribadi Anda, ini adalah tanda peringatan bahwa ada sesuatu yang “phishy.” Badan hukum dan perusahaan yang sah tidak beroperasi dengan cara itu.

Ø Segera bertindak jika Anda telah dikait oleh phisher. Jika Anda telah memberikan nomor rekening, PIN, atau password ke phisher, beritahukan masalah anda ke perusahaan terkait segera

Ø Laporkan phishing, walau anda korban atau bukan. ceritakan perusahaan atau badan yang telah meniru phisher. Anda juga dapat melaporkan masalah ini ke aparat penegak hukum. Informasi yang Anda berikan untuk membantu menghentikan pencurian identitas..

Sumber : wiki,fraud,yahoo,dll.

Videonya =

http://www.youtube.com/watch?v=AoN6dUI-Me8&feature=player_embedded

ORANG YANG PALING PENTING DALAM HIDUPMU

Silahkan pilih orang yang terpenting dalam sepanjang hidupmu.
Di saat menuju jam-jam istirahat kelas, DOSEN mengatakan pada
mahasiswa/siswinya: “Mari kita buat satu permainan, mohon bantu saya
sebentar.”

Kemudian salah satu mahasiswi berjalan menuju pelataran papan tulis.

DOSEN : Silahkan tulis 20 nama yang paling dekat dengan anda, pada
papan tulis.
Dalam sekejap sudah di tuliskan semuanya oleh siswi tersebut. Ada nama
tetangganya, teman kantornya, orang terkasih dan lain-lain.

DOSEN : Sekarang silahkan coret satu nama diantaranya yang menurut
anda paling tidak penting! Siswi itu lalu mencoret satu nama, nama
tetangganya.

DOSEN : Silahkan coret satu lagi!
Kemudian Siswi itu mencoret satu nama teman kantornya lagi.

DOSEN : Silahkan coret satu lagi!
Siswi itu mencoret lagi satu nama dari papan tulis dan seterusnya.
Sampai pada akhirnya diatas papan tulis hanya tersisa tiga nama, yaitu nama
orang tua, istri/suami dan nama anak.

Dalam kelas tiba-tiba terasa begitu sunyi tanpa suara, semua
mahasiswa/siswi tertuju memandang ke arah DOSEN, dalam pikiran mereka
(para siswa/i) mengira sudah selesai tidak ada lagi yang harus dipilih
oleh siswi itu.

Tiba-tiba dosen memecahkan keheningan.

DOSEN berkata, “Silahkan coret satul agi!”
Dengan pelahan-lahan siswi itu melakukan suatu pilihan yang amat
sangat sulit. Dia kemudian mengambil kapur tulis, mencoret nama orang
tuanya.

DOSEN : Silahkan coret satu lagi!
Hatinya menjadi bingung. Kemudian ia mengangkat kapur tulis tinggi-tinggi.
lambat laun menetapkan dan mencoret nama anaknya. Dalam sekejap
waktu, terdengar suara isak tangis, sepertinya sangat sedih.

Setelah suasana tenang, DOSEN lalu bertanya “Orang terkasihmu bukannya
Orang tuamu dan Anakmu? Orang tua yang membesarkan anda, anak adalah
anda yang melahirkan, sedang suami/istri itu bisa dicari lagi. Tapi
mengapa anda berbalik lebih memilih suami anda sebagai orang yang paling
sulit untuk dipisahkan?”

Semua teman sekelas mengarah padanya, menunggu apa yang akan di jawabnya.
Setelah agak tenang, kemudian pelahan-lahan ia berkata “Sesuai waktu yang
berlalu, orang tua akan pergi dan meninggalkan saya, sedang anak jika
sudah besar setelah itu menikah bisa meninggalkan saya juga, Yang
benar-benar selalu bisa menemani saya dalam hidup ini hanyalah
suami/istri kita.”

==== SALAM SABAR ===

See & Say SUBHANALLAH

Look at this kid …… he is not a normal kid and he is thanking Allah for everything he has ….. look at us who are perfectly normal and we have forgotten Allah …. SHAME !!!

pls forward it to as many as u can to wake them up from the life of darkness and come back to Allah and thank him for everything he has given us which others dream of …

http://www7.0zz0.com/2009/07/12/16/403532967.jpg
http://www7.0zz0.com/2009/07/12/17/594906789.jpg

http://www7.0zz0.com/2009/07/12/17/734213994.jpg

7 (tujuh) Cara Mengatasi Kesulitan Rizqi

Ditulis oleh Admin di/pada 29/11/2009

Liku-liku kehidupan memang tak bisa dikalkulasi dengan hitungan. Negeri yang sedemikian makmurnya ini, terancam kekurangan sandang, pangan dan papan. Kegoncangan melanda di mana-mana. Kegelisahan menjadi selimut kehidupan yang tidak bisa ditanggalkan. Begitulah kalau krisis ekonomi sudah memakan korban.

Seakan manusia telah lalai, bahwa segala yang terhampar di jagat raya ini ada Dzat yang mengaturnya. Apakah mereka tidak ingat Allah Ta’ala telah berfirman :

Dan tidaklah yang melata di muka bumi ini melainkan Allahlah yang memberi rezkinya.” (QS. Hud : 6)

Keyakinan yang mantap adalah bekal utama dalam menjalani asbab (usaha) mencari rezeki. Ar Rahman yang menjadikan dunia ini sebagai negeri imtihan (ujian), telah memberikan jalan keluar terhadap problem yang dihadapi manusia. Diantaranya

1. Berusaha dan Bekerja

Sudah merupakan sunnatullah seseorang yang ingin mendapatkan limpahan rezeki Allah harus berusaha dan bekerja. Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala :

Kalau telah ditunaikan shalat Jum’at maka bertebaranlah di muka bumi dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kalian bahagia.”(QS. Al Jumu’ah : 10)

Rezeki Allah itu harus diusahakan dan dicari. Mulia atau tidaknya suatu pekerjaan itu dilihat apakah pekerjaan tersebut halal atau haram.

2. Taqwa

Banyak orang melalaikan perkara ini, karena kesempitan hidup yang dialaminya. Dia mengabaikan perintah-perintah Allah, karena tidak sabar menunggu datangnya pertolongan Allah. Padahal Allah Ta’ala telah menyatakan :

Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberikan rezeki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (QS. Ath Thala : 2)

Yaitu ‘dari jalan yang tidak diharapkan dan diangankan-angankan,’ demikian komentar Qatadah, seorang tabi’in (Tafsir Ibnu Katsir 4/48). Lebih jelas lagi Syaikh Salim Al Hilali mengatakan bahwa Allah Yang Maha Tinggi dan Agung memberitahukan, barangsiapa yang bertaqwa kepada-Nya niscaya Dia akan memberikan jalan keluar terhadap problem yang dihadapinya dan dia akan terbebas dari mara bahaya dunia dan akhirat serta Allah akan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka (Bahjatun Nadhirin 1/44).

3. Tawakkal

Allah berfirman :

Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia akan mencukupi (keperluan)nya.” (QS. Ath Thalaq : 3)

Yakni ‘barangsiapa yang menyerahkan urusannya kepada Allah niscaya Dia akan mencukupi apa yang dia inginkan,” demikian kata Imam Al Qurthubi dalam dalam Al Jami’ Ahkamul Qur’an, 8/106.

Dan tidak dinamakan tawakkal bila tidak menjalani usaha. Sesungguhnya menjalani usaha merupakan bagian dari tawakkal itu sendiri. Oleh karena itu Ibnul Qoyyim mengatakan :”Tawakkal dan kecukupan (yang Allah janjikan) itu, bila tanpa menjalani asbab yang diperintahkan, merupakan kelemahan semata, sekalipun ada sedikit unsur tawakkalnya. Hal yang demikian itu merupakan tawakkal yang lemah. Maka dari itu tidak sepantasnya seorang hamba menjadikan sikap tawakkal itu lemah dan tidak berbuat dan berusaha. Seharusnya dia menjadikan tawakkal tersebut bagian dari asbab yang diperintahkan untuk dijalani, yang tidak akan sempurna makna makna tawakkal kecuali dengan itu semua.” (Zadul Ma’ad 2/315). Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengingatkan kita dalam riwayat yang shahih :

Seandainya kalian bertawakkal kepada Allah denagn sebenar-benar tawakkal, niscaya Dia akan memberikan rezeki kepada kaian sebagaimana burung diberi rezeki, pergi dipagi hari dalam keadaan perut kosong, (dan) pulang sore hari dalam keadaan kenyang.” (HR. An Nasai, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

4. Syukur

Syukur adalah jalan lain yang Allah berikan kepada kaum mukminin dalam menghadapi kesulitan rezeki. Dalam surat Ibrohim ayat 7 Allah berfirman :

Kalau seandainya kalian bersyukur, sungguh-sungguh Kami akan menambah untuk kalian (nikmat-Ku) dan jika kalian mengingkarinya, sesungguhnya adzab-Ku sangat keras.” (QS. Ibrohim : 7)

Oleh karena itu dengan cara bersyukur insya Allah akan mudah urusan rezeki kita. Adapun hakekat syukur adalah : “mengakui nikmat tersebut dari Dzat Yang Maha Memberi nikmat dan tidak mempergunakannya untuk selain ketaatan kepada-Nya,” begitu Al Imam Qurthubi menerangkan kepada kita (tafsir Qurthubi 9/225)

5. Berinfaq

Sebagian orang barangkai menyangka bagaimana mungkin berinfaq dapat mendatangkan rezeki dan karunia Allah, sebab denagn berinfaq harta kita menjadi berkurang. Ketahuilah Dzt Yang maha Memberi Rezeki telah berfirman :

Dan apa-apa yang kalian infaqkan dari sebagian harta kalian, maka Allah akan menggantinya.” (QS. Saba: 39)

6. Silaturohmi

Dalam hal ini Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

Barangsiapa yang berkeinginan untuk dibentangkan rezeki baginya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menyambung silaturohmi.” (HR. Bukhori Muslim)

7. Doa

Allah memberikan senjata yang ampuh bagi muslimin berupa doa. Dengan berdoa seorang muslim insya Allah akan mendapatkan apa yang dia inginkan. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menuntun kita agar berdoa tatkala kita menghadapi kesulitan rezeki.

Ya Allah aku meminta kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima.” (HR. Ibnu Majah dan yang selainnya)

Wallahu a’lam bish Showab.

Dikutip dari:http://salafy.or.id Penulis: Ustadz Abu Hamzah Yusuf Judul: Mengatasi Kesulitan Rizqi

kiriman :alhadiida@gmail.com

tanggal  :29/11/2009

Anggapan Angka 13 Angka Sial, Hari Baik Hari Sial Serta Bulan Sial

Tanya:

Apakah dibolehkan bagi seseorang untuk membenarkan atau menganggap sial angka tertentu, demikian pula hari, bulan dan seterusnya?

Jawab:

Asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim Alusy Syaikh rahimahullahu menjawab:

Tidak boleh, bahkan hal itu termasuk kebiasaan orang-orang jahiliyyah yang syirik, di mana Islam datang untuk menolak dan membatilkannya. Dalil-dalil yang ada demikian jelas menyatakan keharaman kebiasaan tersebut. Perbuatan atau anggapan sial seperti itu termasuk kesyirikan dan sebenarnya tidak ada pengaruhnya dalam menarik kemanfaatan atau menolak kemudaratan, karena tidak ada yang memberi, yang menolak, yang memberi manfaat dan memberi mudarat kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللهُُ بِضُرٍّ فَلاَ كَاشِفَ لَهُ إِلاَّ هُوَ وَإِنْ يُرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلاَ رَادَّ لِفَضْلِهِ

Jika Allah menimpakan kepadamu kemudaratan maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia dan bila Dia menghendaki kebaikan bagimu maka tidak ada yang dapat menolak keutamaan-Nya.” (Yunus: 107)

Dalam hadits Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma disebutkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَوِ اجْتَمَعَتِ اْلأُمَّةُ عَلَى أَنْ يَّنْفَعُوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوْكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ لَكَ، وَإِنِ اجْتَمَعُوْا عَلَى أَنْ يَّضُرُّوْكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوْكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللهُ عَلَيْكَ، رُفِعَتِ اْلأَقْلاَمُ وَجَفَّتِ الصُّحُفُ

Seandainya umat berkumpul untuk memberikan kemanfaatan bagimu dengan sesuatu niscaya mereka tidak dapat memberikan kemanfaatan bagimu kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan untukmu. Dan sebaliknya, jika mereka semuanya berkumpul untuk memudaratkanmu dengan sesuatu niscaya mereka tidak dapat menimpakan kemudaratan tersebut kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan atasmu. Telah diangkat pena dan telah kering lembaran-lembaran (catatan takdir)1.”

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu mengabarkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

لاَ عَدْوَى وَلاَ طِيَرَةَ وَلاَ هَامَةَ وَلاَ صَفَرَ

Tidak ada penularan penyakit (dengan sendirinya), tidak ada thiyarah (menganggap sial dengan sesuatu), tidak ada kesialan dengan keberadaan burung hantu dan tidak ada pula kesialan bulan Shafar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam satu riwayat:

لاَ نَوْءَ وَلاَ غُوْلَ

Tidak ada nau`2 dan tidak ada ghul3.” (HR. Muslim)

Dalam hadits ini penetap syariat (yakni Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam) menolak thiyarah berikut apa yang disebutkan dalam hadits. Beliau mengabarkan bahwa thiyarah itu tidak ada wujudnya dan tidak ada pengaruhnya. Thiyarah itu hanyalah anggapan-anggapan keliru dan khayalan-khayalan rusak di dalam hati.

Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: (وَلاَ صَفَرَ) menolak keyakinan orang-orang jahiliyyah yang menganggap bulan Shafar sebagai bulan sial, mereka mengatakan bulan Shafar adalah bulan bencana. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun meniadakan kebenaran anggapan tersebut dan membatilkannya. Beliau kabarkan bahwa bulan Shafar itu sama dengan bulan yang lain, tidak ada pengaruhnya dalam menarik kemanfaatan dan menolak mudarat. Demikian pula hari-hari, malam-malam dan waktu-waktu lain, tidak ada bedanya. Dulunya orang jahiliyyah menganggap sial hari Rabu, menganggap sial untuk melangsungkan pernikahan di bulan Syawwal secara khusus. Sehingga Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menikahiku di bulan Syawwal, maka siapakah yang lebih memiliki keutamaan/keberuntungan daripada diriku?

Hal ini seperti anggapan sial orang-orang Rafidhah terhadap angka sepuluh, dan mereka tidak suka dengan angka ini karena kebencian dan permusuhan mereka terhadap Al-’Asyrah Al-Mubasysyarina bil jannah (10 shahabat Rasulullah yang diberi kabar gembira masuk surga ketika mereka masih hidup4). Yang demikian itu disebabkan kebodohan dan kedunguan akal mereka.

Demikian pula ahli nujum, mereka membagi waktu menjadi waktu nahas dan sial. Yang kedua; waktu bahagia dan baik. Tidaklah samar lagi haramnya ramalan bintang ini dan ia termasuk jenis sihir.

Ibnul Qayyim rahimahullahu berkata: “Tathayyur adalah menganggap sial dengan apa yang dilihat dan apa yang didengar. Bila seseorang melakukan tathayyur ini, ia membatalkan safar yang semula hendak dilakukannya dan ia menarik diri dari perkara yang semula ia bersikukuh padanya, dengan begitu berarti ia telah mengetuk pintu kesyirikan bahkan ia telah masuk ke dalamnya. Ia berlepas diri dari tawakal kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Ia membuka untuk dirinya pintu ketakutan dan bergantung kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala. Orang yang menganggap sial dengan apa yang dilihat atau didengarnya berarti telah memutuskan diri dari apa yang dinyatakan dalam ayat berikut:

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ

Hanya kepada-Mu kami beribadah dan hanya kepada-Mu kami meminta pertolongan.” (Al-Fatihah: 5)

فَاعْبُدْهُ وَتَوَكَّلْ عَلَيْهِ

Maka beribadahlah engkau kepada-Nya dan bertawakallah.” (Hud: 123)

عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْهِ أُنِيْبُ

Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan hanya kepada-Nya aku akan kembali.” (Asy-Syura: 10)

Jadilah hatinya bergantung kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala baik dalam bentuk ibadah ataupun tawakal, sehingga rusaklah hatinya, iman, dan keadaannya. Tinggallah hatinya menjadi sasaran thiyarah dan senantiasa digiring kepadanya. Syaitan pun mendatangi orang yang telah rusak agama dan dunianya ini. Berapa banyak orang yang binasa karenanya dan ia merugi di dunia dan di akhirat. Dalil-dalil tentang haramnya tathayyur dan tasyaum (menganggap sial) ini ma`ruf dan terdapat pada tempat-tempat pembahasannya, maka kita cukupkan dengan apa yang telah disebutkan. (Fatawa Al-Mar`ah Al-Muslimah 1/132-134)

Footnote:

1. HR. At-Tirmidzi, dishahihkan Asy-Syaikh Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi dan Al-Misykat no. 5302, pent.

2. Nau` adalah bintang. Orang-orang jahiliyyah menyandarkan kesialan dan keberuntungan yang mereka peroleh dengan bintang. Sebagian bintang menurut mereka sial sehingga mereka katakan: Ini bintang nahas tidak ada kebaikan padanya. Sebagian lain dari bintang, mereka anggap membawa keberuntungan sehingga bila mereka dicurahi hujan, mereka berkata: “Kita diberi hujan oleh bintang ini”. Mereka tidak mengatakan: “Kita diberi hujan dengan keutamaan dan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (Al-Qaulul Mufid `ala Kitabit Tauhid, Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin , 1/568). -pent.

3. Ghul adalah setan yang biasa menyesatkan orang yang sedang berjalan di padang pasir atau lembah. Yang ditolak Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits adalah pengaruh ghul ini, bukan keberadaannya. Setan yang suka mengganggu manusia seperti ghul ini memang ada, namun bila kuat tawakalnya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan tidak menghiraukan keberadaannya, setan ini tidak dapat memudaratkan dan menghalanginya menuju arah yang hendak ditujunya. (Al-Qaulul Mufid, 1/569) -pent.

4. Mereka adalah Abu Bakr Ash-Shiddiq, Umar ibnul Khaththab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Thalhah bin Ubaidillah, Az-Zubair ibnul Awwam, Sa`ad bin Abi Waqqash, Sa`id bin Zaid, Abdurrahman bin `Auf, dan Abu `Ubaidah ibnul Jarrah, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala meridhai mereka semuanya.

Sumber: Majalah Asy-Syari’ah, Vol.III/No.29/1428H/2007, Kategori: Fatawa Al-Mar’ah Al-Muslimah, hal. 87-89. Dicopy dari: http://www.asysyariah.com dikutip lagi dari Akhwat.wb.id. Oleh: Asy-Syaikh Muhammad bin Ibrâhîm Alusy Syaikh rahimahullâh Judul: Anggapan Sial terhadap Angka, Hari /Bulan Tertentu

kiriman :alhadiida@gmail.com

tanggal  :29/11/2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s